Ketahui, Ini Dia 9 Kelebihan Absen Selfie

Februari 16, 2021

Beberapa waktu lalu cara absensi online menjadi salah satu terobosan terbaru untuk melihat tingkat kehadiran karyawan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui berbagai kelebihan absen selfie, agar dapat mengoptimalkan peran dari teknologi tersebut untuk menunjang pekerjaan menjadi baik.

9 Kelebihan Absen Selfie
source: freevector.com

Beberapa Kelebihan Absen Selfie

Absen selfie merupakan teknologi terkini yang terbilang sangat efektif untuk melihat keaktifan dari karyawan. Terdapat beberapa keunggulan dari sistem tersebut, salah satunya sulit untuk disabotase dibandingkan dengan absen tangan. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Meningkatkan Rasa Bangga Karyawan

Absen selfie bisa meningkatkan rasa bangga karyawan karena bisa kenal dengan mudah oleh para petinggi. Jika menunjukkan kinerja yang bagus, maka kemungkinan akan mendapatkan rekomendasi kenaikan jabatan atau gaji, selain itu juga membuatnya bekerja lebih semangat produktif.

Meskipun menggunakan sistem online, namun setiap pekerja dianjurkan untuk selalu disiplin menjalankan tanggung jawabnya. Keunggulan yang paling terlihat adalah prosesnya cukup singkat, agar lebih maksimal usahakan menggunakan aplikasi atau sistem yang cukup canggih.

2. Hemat Biaya

Pengeluaran untuk absensi digital ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan cara manual. Poin yang paling utama adalah koneksi internet harus tetap stabil agar tetap lancar saat melakukan rekap. Hambatan lainnya adalah jika terjadi mati lampu, maka kinerja kemungkinan bisa saja terhambat.

Oleh sebab itu sistem dari absensi ini harus bisa menyimpan secara otomatis meski nantinya tiba-tiba kehilangan jaringan internet. Penting bagi yang bertugas merekap untuk memiliki perangkat mumpuni untuk mendukung kelancaran pekerjaan tersebut, sehingga bisa mencapai tingkat kevalidan tinggi.

3. Efisien dan Praktis

Teknologi yang disematkan dalam absen selfie ini sudah cukup bagus, sehingga akan membuat kinerja seorang HR lebih mudah untuk melakukan rekap kehadiran. Oleh karena itu sangat minim terjadinya kesalahan atau dimanipulasi kecuali dari dalam serta dengan sistem lebih canggih.

Hal ini karena hasil dari absen tersebut akan secara otomatis masuk ke sistemnya HR sehingga tidak perlu menulis ulang. Data dari kehadiran selfie tersebut dapat direkapitulasi dan tersimpan dalam bentuk digital. Untuk itu membuatnya jauh lebih aman dan tidak dapat diganti dari luar server.

4. Lebih Akurat

Tingkat akurasi dari teknik ini cukup baik, namun tidak menutup kemungkinan ada yang dapat menyabotasenya. Oleh sebab itu, seorang HRD harus memiliki kemampuan mumpuni dalam mengendalikannya terutama ahli IT, supaya tidak ada karyawan yang bisa bermain curang.

Kehadiran seorang karyawan akan mempengaruhi gaji akhir yang akan diterimanya. Jika terlalu sering bolos atau izin, maka tidak menutup kemungkinan jika akan dilakukan pemutusan hubungan kerja. Karena memperlihatkan kurangnya komitmen serta kedisiplinan dalam bekerja.

5. Realtime

Setelah Anda mengirimkan foto selfie maka data kehadiran secara realtime akan masuk ke server HRD, sehingga dapat langsung memastikan keasliannya. Sebelumnya perlu Anda perhatikan, hindari menggunakan foto lama karena beresiko terdeteksi dan akan menimbulkan masalah.

Teknologi saat ini semakin diperbaharui untuk menunjang kebutuhan manusia yang semakin meningkat drastis, termasuk pendeteksi keaslian atau waktu pengambilan gambar. Sistem tersebut juga disematkan dalam beberapa platform salah satunya adalah email.

6. Fleksibel

Kegiatan absendiri ini dapat dilakukan dimanapun sesuai kebijakan kantor masing-masing, sehingga Anda tidak perlu repot harus ada di meja kerja. Meski demikian namun tetap perhatikan cara berpakaian, untuk menjaga kesopanan serta memenuhi aturan saat menjalankan kerja offline.

Sistem absen selfie sangat membantu terutama pada masa sekarang ini yang hampir seluruh kegiatan kerja dilakukan di rumah. Hal ini disebabkan karena penyelewengan bisa dilakukan dengan mudah oleh karyawan, karena Anda tidak dapat memantaunya secara keseluruhan dengan jelas.

7. Tidak Dapat Dimanipulasi

Jika absen konvensional biasanya menggunakan tanda tangan dapat dimanipulasi, berbeda dengan foto selfie. Hal tersebut tidak dapat menggunakan foto orang lain meskipun Anda terlahir kembar identik, karena tentu tetap memiliki beberapa perbedaan dan terdapat fitur khusus untuk mendeteksi.

Cara kerjanya yaitu saat jam absen, maka seluruh karyawan diharuskan untuk mengirimkan foto selfienya saat itu juga untuk mencatat kehadirannya. Selanjutnya sistem akan mempelajari apa wajah tersebut diverifikasi oleh HRD atau tidak, jika sudah terverifikasi maka dianggap hadir.

8. Menggunakan User Interface yang Mudah Diakses

Tampilan dari aplikasi absen digital ini dibuat dengan desain sederhana untuk agar mudah diakses oleh penggunanya baik pemula maupun senior. Tampilannya sendiri cukup simpel, sehingga Anda akan memahami fungsi setiap fiturnya.

Keunggulan ini yang memberi kepraktisan terutama untuk karyawan yang juga merangkap sebagai mahasiswa atau ibu rumah tangga. Absen digital ini sangat membantu di masa seperti sekarang ini yang mengharuskan bekerja serta berkegiatan di rumah.

9. Fitur Unggulan

Fitur yang paling penting ada dapat merekam secara otomatis data yang masuk, dengan tujuan agar karyawan tidak ada yang lalai dari tanggung jawabnya. Hal ini akan membantu banyak pihak saat bekerja agar semakin efektif dan efisien.

Absen selfie sendiri sebenarnya sudah digunakan sejak beberapa waktu lalu, namun mengalami peningkatan sejak terjadi pandemi. Penerapannya sendiri dulunya saat bekerja di luar kantor baik dalam negeri maupun mancanegara.

Bagaimana Cara Menggunakan Absen Selfie?

Beberapa waktu lalu kehadiran absen selfie ini cukup membantu untuk mencatat kehadiran para karyawan dengan tingkat kevalidan cukup baik. Foto yang diupload harus baru setiap harinya dan bukan hasil editing. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat penyalahgunaan.

Kegiatan absen ini menggunakan perangkat keras berupa ponsel pintar maupun PC dengan aplikasi khusus sesuai yang ditentukan oleh perusahaan, Anda tidak bisa menggunakan jenis lain. Hal ini beresiko tidak akan dapat digunakan meski memiliki tingkat kecanggihan lebih tinggi.

Cara kerjanya yaitu dengan menyetorkan foto selfie ke sistem, kemudian akan dilakukan rekapitulasi secaperekapan secara otomatis untuk memudahkan pekerjaan dari HR. Sebaiknya gunakan mesin pendeteksi wajah, karena jika tanda tangan masih bisa dipalsukan.

Itulah beberapa kelebihan absen selfie yang bisa membantu Anda untuk memudahkan pekerjaan serta memantau keaktifan karyawan. Tingkat kevalidannya yang cukup baik akan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan fungsinya atau terjadinya manipulasi data. Apa anda ingin mencoba fitur canggih dari absensi dengan menggunakan fitur absen selfie. Hubungi kontak support Appsensi sekarang dan coba gratis 30 hari!

Artikel Terkait