5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web

Februari 23, 2021

Sejak adanya pandemi Covid-19 pada awal Maret 2020 lalu, work from home atau work from anywhere  menjadi tren baru yang kini mau tidak mau harus dilakukan oleh beberapa perusahaan. Untuk tetap menjaga kedisiplinan dalam hal kehadiran, aplikasi absensi online karyawan berbasis web akan sangat membantu. 

5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web
source: https://pixelprivacy.com/

Manfaat Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web

Selain menjadi solusi untuk tetap melakukan absensi secara online, aplikasi absensi online karyawan berbasis web juga dapat diintegrasikan untuk fungsi lainnya. Seperti pencatatan performa karyawan hingga pencatatan gaji yang merupakan hak karyawan itu sendiri.

Berikut ini beberapa manfaat aplikasi absensi karyawan secara online bagi perusahaan, di antaranya:

1. Memudahkan Rekapitulasi Data

Perusahaan perlu melakukan rekap data kehadiran dan keterlambatan hadir karyawan. Jika masih dilakukan secara manual, tentu akan memakan waktu yang lebih banyak dan kurang efisien. Terkadang juga ada oknum karyawan yang melakukan kecurangan dan data menjadi tidak valid.

Dengan adanya aplikasi absensi yang berbasis online, perusahaan tidak perlu lagi mengetik secara manual daftar absensi dari lembaran kertas ke komputer. Karena aplikasi absensi online biasanya sudah terintegrasi dengan data-data lainnya. Pekerjaan pun menjadi lebih cepat dan efektif.

2. Bisa Melakukan Pemantauan Secara Real Time

Bagian personalia yang memiliki tugas khusus untuk mengurus absensi karyawan akan dipermudah dengan adanya aplikasi absensi karyawan secara online. Hal ini dikarenakan aplikasi yang memiliki fungsi sebagai alat absensi dapat diintegrasikan secara langsung dengan data komputer.

Kemudian, juga menjadi salah satu keunggulan utama aplikasi absensi karyawan karena data dapat tersimpan secara otomatis dan terintegrasi melalui sistem cloud. Staff yang khusus mengurusi karyawan dapat dengan mudah memantau secara langsung kapanpun dan dimanapun.

3. Biaya dapat Dihemat

Meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu proses kerja dalam suatu perusahaan merupakan salah satu pencapaian yang penting untuk menghemat budget pengeluaran. Setelah sebelumnya fingerprint menjadi alat absensi yang paling banyak digunakan, kini waktunya beralih secara online.

Sistem fingerprint mewajibkan karyawan untuk datang langsung ke kantor dan menekan alat dengan jarinya. Hal ini akan menyulitkan karyawan yang bekerja secara WFH. Dengan adanya aplikasi online secara gratis, perusahaan tidak perlu lagi mengadakan biaya untuk pembelian perangkat.

4. Perhitungan Menjadi Lebih Akurat

Perhitungan dengan menggunakan absensi karyawan secara online bisa lebih akurat dibandingkan dengan sistem manual maupun sistem perangkat seperti fingerprint. Hal ini dikarenakan perangkat yang saling terhubung dapat tersinkronisasi waktunya dengan lebih baik.

Waktu yang tercatat di absensi pun sistemnya menjadi lebih akurat dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Perhitungan gaji karyawan khususnya yang berdasarkan jam kerja seperti untuk perhitungan overtime lebih akurat. Hasil hitung pun menjadi lebih maksimal dan minim kesalahan.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah WFH (work from home) atau WFA (work from anywhere) tampaknya bakal menjadi trend baru di kalangan masyarakat. Khususnya bagi perusahaan yang memang bisa memaksimalkan tugas dan tanggung jawab karyawannya secara remote online.

Produktivitas karyawan bisa jadi lebih meningkat karena mereka dapat menghemat waktu tanpa perlu bermacet-macetan di jalan untuk datang ke kantor. Karyawan cukup mencatatkan kehadirannya secara online dan bisa bekerja dengan lebih menghemat waktu maupun tenaga.

Daftar Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web

Ada banyak pilihan aplikasi absensi yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menunjang proses pencatatan kehadiran karyawannya. Aplikasi online berbasis web yang bisa diakses secara gratis dapat sangat membantu perusahaan untuk menghemat budget pengeluaran.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi absensi online untuk karyawan yang berbasis web secara gratis, di antaranya:

1. Open Time Clock

Salah satu aplikasi untuk absensi karyawan yang bisa diakses melalui smartphone ini bisa diakses secara gratis dan tanpa ada batasan penggunaan maupun jumlah karyawan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk absensi hadir dan pulang (clock in/clock out) dan perhitungan gaji secara otomatis.

Aplikasi ini dapat diakses melalui situs www.opentimeclock.com. Sayangnya aplikasi ini masih memiliki keterbatasan karena tidak dapat digunakan untuk fungsi web-camera atau reporting. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada pilihan versi premium yang lebih lengkap meskipun berbayar.

2. CKZ Time Clock

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat absensi karyawan dan merupakan aplikasi Time Tracking pada platform Windows. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuat laporan perhitungan gaji, pelacakan waktu, real-time monitoring karyawan, cuti, sakit, hingga liburan pengganti.

Anda dapat menggunakan CKZ Time Clock secara gratis tanpa biaya dengan catatan hanya bisa terbatas untuk tiga karyawan saja. Jika menginginkan tambahan jumlah karyawan yang bisa mengakses aplikasi ini dengan tambahan sistem keamanan, Anda harus upgrade yang berbayar.

3. TimeTrex

Sistem aplikasi online TimeTrax sangat direkomendasikan karena dapat digunakan untuk absensi karyawan tanpa ada batasan jumlah karyawan, waktu, maupun penggunanya. Aplikasi ini dapat diakses baik di komputer Mac, Windows, dan Linux.

TimeTrex dapat membantu Anda untuk mengatur jadwal karyawan, menghitung gaji dengan perhitungan pajak, dan absensi baik untuk lembur atau cuti liburan. Anda bisa mengakses aplikasi ini melalui situs www.timetrex.com.

4. Time Clock Wizard

Aplikasi ini terbilang cukup lengkap fiturnya karena dilengkapi dengan fitur jam untuk absensi dan reimbursement hingga penjadwalan karyawan yang sistematis. Pemberitahuan tentang jadwal karyawan dapat diberitahukan melalui teks yang dikirim ke email yang sudah terdaftar.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghitung payroll gaji karyawan. Penyesuaian pembuatan laporan terkait gaji dan perhitungan lembur dapat dihitung dengan lebih mudah. Meskipun fiturnya sangat lengkap, Anda masih bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis tanpa berbayar.

5. Time Clock MTS

Aplikasi absensi karyawan yang digunakan untuk komputer Windows ini dapat diakses secara gratis dengan fungsi yang cukup lengkap. Bahkan versi gratis aplikasi ini bisa mencakup semua fungsi dari versi yang berbayar.

Mulai dari absensi karyawan, absensi sidik jari, permintaan cuti, pengambilan gambar web-camera karyawan saat jam masuk kerja dan jam keluar, hingga reporting. Sayangnya Time Clock MTS versi gratis hanya dapat mengelola hingga tiga karyawan, selebihnya harus di-upgrade ke versi berbayar.

Dengan adanya aplikasi absensi online karyawan berbasis web tersebut, tentu akan sangat membantu baik bagi karyawan maupun perusahaan. Efisiensi, efektivitas, dan produktivitas perusahaan dapat semakin ditingkatkan. Jika tidak ingin absensi online melalui web bisa juga melalui aplikasi seperti menggunakan Appsensi. Fitur absensi online dengan mobile yang mendukung untuk berbagai kebutuhan WFH atau WFA karyawan dan team Anda. Anda tertarik klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Artikel Terkait